Posted by : Ricky Julianto Jumat, 23 Oktober 2015



1. Perkembangan Teknologi/Algoritma pada Pemodelan Grafis 3 Dimensi

Sebelum membahas apa itu desain pemodelan grafik ada baiknya kita mengetahui arti dari setiap kata penyusunnya, yaitu desain, model, dan grafik.

1. Desain

Desain adalah suatu system yang berlaku untuk segala jenis perancangan dimana titik beratnya adalah melihat segala sesuatu persoalan sebagai satu kesatuan dimana setiap masalahnya saling terkait.

2. Model

Model adalah perwujudan dari rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek sistem atau konsep. Ada beberapa bentuk model:

  • ·         Model fisik seperti maket, bentuk prototype,
  • ·         Model citra seperti gambar rancangan, citra computer,
  • ·         Rumusan matematis, dll.

3. Grafik

Grafik adalah perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang mewakili makna tertentu dan memiliki ukuran dan nilai untuk disampaikan kepada khalayak. Contoh : foto, gambar/drawing, line art, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, dan lain-lain. Desain grafis adalah suatu bentuk penyampaian informasi dan pesan yang efektif melalui bentuk visual seperti gambar. Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma. Obyek 3-D adalah sekumpulan titik-titik 3-D (x,y,z) yang membentuk luasan-luasan (face) yang digabungkan menjadi satu kesatuan. Face adalah gabungan titik-titik yang membentuk luasan tertentu atau sering dinamakan dengan sisi. Grafik tiga dimensi adalah bidang penelitian yang akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya perangkat keras. Para peneliti maupun praktisi industri menggunakan grafik tiga dimensi untuk menvisualisasikan data yang ada sehingga lebih mudah untuk dianalisa. Selain untuk visualisasi data, grafik tiga dimensi juga banyak digunakan untuk efek film, simulasi, dan game. Ray tracing merupakan metode penggambaran tiga dimensi yang banyak digunakan untuk menvisualisasikan suatu bentuk atau objek sehingga mendekati kualitas foto (foto realistik). Ray racing merupakan metode penggambaran yang mudah dipahami secara konseptual tetapi pada implementasinya terdapat kelemahan. Salah satu kelemahan pada ray tracing adalah daya komputasi yang dibutuhkan untuk perhitungan sangat besar sehingga diperlukan metode tambahan untuk mempercepat proses perhitungan.

Berikut perkembangan teknologi pada pemodelan grafis 3D :
Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik
1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer
1963 :  Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector), Mouse oleh Douglas Englebert
1970 :  Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier
1972 : ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer
1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah).
1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.
1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik computer.
Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime
1982 : Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel
1984 : Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter
1986 : Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
1995 : Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama
Akhir tahun 90-an: Ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.

Software Pendukung Desain Grafik

  • ·         Desktop publishing
  • ·         Adobe Photoshop
  • ·         Adobe Illustrator
  • ·         Adobe Indesign
  • ·         Page Maker
  • ·         Coreldraw
  • ·         GIMP
  • ·         Inkscape
  • ·         Adobe Freehand
  • ·         Adobe image ready
  • ·         CorelDraw
  • ·         Webdesign
  • ·         Macromedia Dreamweaver
  • ·         Microsoft Frontpage
  • ·         Notepad
  • ·         Adobe Photoshop
  • ·         Audiovisual
  • ·         Adobe After Effect
  • ·         Adobe Premier
  • ·         Final Cut
  • ·         Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
  • ·         Ulead Video Studio
  • ·         Magic Movie Edit Pro
  • ·         Power Director
  • ·         Rendering 3 Dimensi
  • ·         3D StudioMax
  • ·         Maya
  • ·         AutoCad
  • ·         Google SketchUp

Dan, berikut beberapa software pemodelan untuk grafis 3D:

  • ·         Blender
  • ·         Autodesk 3ds Max
  • ·         Autodesk Maya
  • ·         K-3D

2. Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafis

Ada sebuah pengaruh terhadap kebudayaan dan juga teknologi dari suatu desain pemodelan grafis. Budaya yang digunakan sebagai sumber pemikirnan utnuk mengembangkan suatu desain grafis. Banyak budaya kita yang menarik digunakan sebagai desain grafis, sebagai contohnya adalah kerajinan kain daerah, keramik dan masih banyak lainnya. Kerajinan kain daerah merupakan warisan turun menurun dari nenek moyang yang sangatlah indah untuk dijadikan sebagai sumber pikiran dalam melakukan pembuatan desain grafis, contoh perealisasiannya adalah batik dan songket. Sedangkan teknologi pun turut andil untuk perkembangan desain grafis. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi maka semakin mudah bagi kita untuk menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang cepat dan kita pun bisa menghasilakn banyak sedali desain grafis sehingga lebih mengefisienkan segalanya. Desain Pemodelan Grafis juga berkaitan erat dengan grafik komputer.


3. Desain Pemodelan Grafis dari Segi Interaksi Manusia dan Komputer

Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan. Jelasnya, tidak ada individu dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan beberapa keahlian ilmu manusia. Suatu alternatif yang lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin dikombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat kesadaran dari ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan komputer, yang secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem sebagai bagian dari sistem proses desain secara menyeluruh. Interaksi computer dengan manusia atau dengan bahasa inggris dikenal dengan “human-computer interaction / HCI” merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara computer dengan manusia yang meliputi perancangan, evaluasi, dan juga implementasi antar muka pengguna computer agar mudah digunakan oleh manusia.

Tujuan dari interaksi ini adalah agar memudahkan manusia dalam melakukan pengoperasian terhadap computer dan memperoleh beberapa umpan balik yang mereka perlukan selama mereka bekerja menggunakan computer dan juga mengharapkan agar system computer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly. Kita membutuhkan interaksi tersebut agar kita bisa lebih cepat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan serta membuat waktu dalam prosesnya menjadi lebih cepat dan juga itu akan mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan. Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer.

Model atau jenis interaksi, antara lain :

  • ·         Command line interface (perintah baris tunggal)
  • ·         Menu (menu datar dan menu tarik)
  • ·         Natural language (bahasa alami)
  • ·         Question/answer and query dialogue
  • ·         Form-fills and spreadsheets
  • ·         WIMP

Sumber :

http://alfinbona.blogspot.com/2014/11/desain-pemodelan-grafik.html
http://ms.wikipedia.org/wiki/Grafik_komputer_3D
https://aflah7.wordpress.com/2010/10/14/konsep-pemodelan-grafik-2d-dan-3d/
https://adityarinaldii.wordpress.com/2014/10/14/desain-pemodelan-grafik/
http://guntur24.wordpress.com/2014/10/03/desain-pemodelan-grafik/
http://afrilieya.blogspot.com/2011/11/desain-pemodelan-grafis-dari-segi.html
http://dya08webmaster.blog.com/2011/02/27/interaksi-manusia-dan-komputer/
http://alpinthor.wordpress.com/2011/10/19/seputar-desain-pemodelan-grafis/


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Eugenia Nicole Wu - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -